Sabtu, 15 Oktober 2011

Workshop Temu-Pengarang

Beberapa hari yang lalu , sekolah saya sedang mengadakan sebuah kegiatan yang bertema AFFECTION yaitu sebuah acara tahunan yang dibuat oleh sekolah saya . Diacara itu terdapat banyak kegiatan yang dapat mengasah kemampuan kita dan menambah ilmu pengetahuan kita , seperti : seminar , IT workshop , dan life skill . Kebetulan ketika saya melihat buku acara , ternyata ada seminar temu pengarang . Saya sebenarnya bukan penulis sejati dan tidak suka membaca novel fiksi seperti  yang dilakukan oleh para remaja pada umumnya , tetapi saya sangat tertarik untuk menulis maka tidak ada salahnya saya mengikuti seminar temu pengarang .
                      Ternyata , penulis yang kami tunggu-tunggu adalah dosen universitas multimedia nusantara . Setelah mengenalkan dirinya , beliau memberikan sedikit gambaran kepada kami tentang seorang penulis menurut gambaran kita yang berbadan kurus , mata berwarna merah seperti Chairil Anwar tetapi ia jelaskan bahwa tidak semua penulis seperti itu .
                      Beliau membuka perbincangan , bahwa menurut penelitian di Amerika menulis itu memiliki manfaat . Berikut manfaatnya :
1. Jiwa lebih sehat
    seorang penulis akan memiliki jiwa yang lebih sehat daripada orang biasa . kenapa? karena seorang penulis
    akan menuangkan isi hatinya baik itu sedih , senang , kesal, dan kecewa kedalam sebuah tulisan sehingga
    ia memiliki tampungan untuk menumpahkan isi hatinya .
2. Financial
    Sebuah tulisan yang dibuat seorang penulis memiliki harga . Tanpa harus bekerja keras pagi-malam , hanya
    dengan menulis kita sudah memiliki penghasilan / pendapatan . Di Indonesia , seorang penulis mendapat    
    10% dari bruto untuk 1 buah bukunya .
3. Sosial
    Dengan menjadi penulis , maka dengan otomatis pergaulan kita semakin luas dan bertambah.
    Kita akan mengenal penuli-penulis lain dan akan bertemu dengan banyak orang ketika kita membuat /
    menghadiri sebuah workshop .
4. Akademik
    Dengan menulis pengetahuan kita akan semakin bertambah.

Jika anda berminat menulis dan ingin mengirimkan naskah , syarat-syarat sebuah naskah bisa anda lihat di : www.gramedia.com
Demikian , hasil workshop yang dapat saya bagi dengan teman-teman . Semoga dapat menambah pengetahuan kita .  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar